Selasa, 15 Agustus 2017

Merencanakan Anggaran Liburan

"Merencanakan anggaran liburan"

Merencanakan Anggaran Liburan
Apa yang terlintas dalam benak anda setiap kali mendengar kata libur panjang? Berjemur di pantai, menginap di resort tepi pantai, naik jet ski, pesiar dengan kapal laut atau mungkin dalam benak anda ketika ini terbayang sejuknya hawa pegunungan sambil anda berjalan di kebun teh, menyantap hidangan hangat khas kawasan setempat. Bisa jadi ketika mendengar kata liburan maka yang terbayang ialah anda bermalas-malasan di dingklik malas anda sambil baca buku dan ngemil, atau seharian bermain bersama si kecil dan suami atau nonton TV dari pagi hingga malam. Tiap orang mampu punya ilham sendiri bagaimana menghabiskan waktunya ketika liburan. Liburan memang suatu acara yang tidak wajib, namun melaksanakan acara liburan secara terpola mampu menunjukkan manfaat yang besar terutama secara psikologis. Bayangkan betapa membosankannya melaksanakan acara yang kurang lebih sama setiap hari sepanjang tahun. Dari mulai acara dirumah hingga di tempat kerja. Dengan berlibur maka kebosanan dari rutinitas acara dan suasana lingkungan sehari-hari mampu dikurangi sehingga  setelah kembali dari liburan kita punya semangat dan energi gres untuk kembali kepada acara sehari-hari. Karena itu luangkanlah waktu secara khusus untuk berlibur biar baterei anda yang sudah hampir habis mampu bertenaga kembali.

Rencanakan Liburan Anda Dengan Baik

Hati-hati! Liburan yang tidak direncanakan dengan baik malah mampu menyebabkan bencana. Bukanya sebagai pengobat stres liburan malah mampu membuat Anda stress alasannya kurangnya persiapan terutama dilema finansial. Bayangkan saja kesulitan yang akan terjadi jikalau Anda hingga kekurangan uang di tempat liburan. Mungkin Anda sekeluarga tidak mampu mengunjungi tempat rekreasi yang diinginkan, atau malah harus pulang lebih cepat. Salah satu syarat biar liburan Anda berjalan dengan lancar tentunya harus didukung dana liburan yang memadai. Dana yang memadai ini tidak berarti harus dalam jumlah besar, tetapi lebih kepada tercukupinya kebutuhan kita selama melaksanakan acara liburan dan yang paling penting anggaran belanja kita tidak hingga kebobolan. Karena itu sebaiknya sebelum berangkat ke tempat liburan, buatlah anggaran liburan yang berisi rencana–rencana pengeluaran selama liburan.

Jadikan Liburan Sebagai Suatu Tujuan Keuangan

Mungkin anda tidak oke jikalau saya sarankan untuk mengakibatkan liburan sebagai salah satu tujuan keuangan anda. Karena untuk itu anda mungkin terpaksa menyisihkan sejumlah dana dari gaji anda tiap bulan untuk dimasukkan kedalam suatu produk investasi tertentu dimana hasil dari investasi tersebut mampu digunakan untuk berlibur. Padahal mungkin menurut anda bahwa investasi itu dilakukan untuk membiayai keperluan masa depan yang “maha penting” saja menyerupai mempersiapkan dana pendidikan anak atau pensiun. Lagi pula buat apa menabung susah payah tetapi kesannya digunakan untuk liburan yang hanya habis sekali pakai, padahal bukankah seharusnya digunakan untuk tujuan yang lebih produktif. Tentu saja anda benar!

Namun,jika kita perhatikan besarnya jumlah biaya liburan yang biasanya diharapkan dan mempertimbangkan bahwa acara liburan ini sudah menjadi kebutuhan untuk anda, maka sudah sewajarnya anda mempersipkan dana liburan ini jauh-jauh hari sebelumya sehingga ketika saatnya tiba dana tersebut sudah tersedia untuk membiayai semua keperluaran liburan anda. Misalnya seseorang pada bulan Januari berencana berlibur selama 1 ahad ke Bali pada bulan Desember 2004 dan menurut perhitungannya maka beliau akan membutuhkan dana sebesar Rp 6 juta. Dengan demikian maka beliau masih mempunyai waktu sekita 12 bulan untuk mempersiapkannya dan mampu menyisihkan Rp 500.000,- per bulan untuk dimasukkan ke tabungan, sehingga pada final tahun terkumpul dana sekitar Rp 6 juta.

Langkah-Langkah Mempersiapkan Anggaran Liburan

Kegiatan liburan yang identik dengan suasana kalem sepertinya memang sangat bertolak belakang dengan acara mermbuat anggaran yang membosankan. Tidak heran orang jadi malas membuat anggaran liburan. Selain membosankan, membuat anggaran buat sebagian besar orang yang belum terbiasa memang terkesan sulit dan rumit. Namun, jikalau kita tahu caranya membuat anggaran liburan sama sekali tidak sulit alasannya isinya sangat sederhana sehingga mudah diikuti. Selain itu tujuan dari membuat anggaran liburan itu sendiri justru biar anda mampu berlibur dengan lebih nyaman. Kondisi nyaman tersebut tentunya juga harus didukung oleh persiapan finansial yang cukup selama liburan. Kurang uang ketika anda sudah di tempat liburan, defisit anggaran belanja setelah liburan atau tagihan kartu kredit yang membengkak ialah resiko–resiko keuangan yang mungkin muncul jawaban pengeluaran uang yang tidak terkontrol selama anda melaksanakan acara liburan. Karena itu janganlah malas membuat anggaran liburan, alasannya dengan anggran liburan maka anda akan lebih disiplin dalam mengatur pengeluaran-pengeluaran liburan anda dan mencegah anda untuk mengeluarkan lebih banyak uang daripada yang seharusnya. Berikut ini ialah langkah–langkahnya mempersiapkan anggaran liburan, sebagai berikut :

1. Menentukan tempat liburan.

Besar kecilnya anggaran liburan tergantung dari tempat liburan yang akan dituju. Liburan ke luar negeri tentunya lebih mahal daripada di dalam negeri. Jika anda sudah berkeluarga ada baiknya tempat liburan yang dipilih selain mampu membuat Anda sekeluarga relaks tetapi juga mampu mendidik bawah umur Anda. Ajaklah bawah umur mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada disitu menyerupai musium, candi, kuil, dan bangunan bersejarah lainnya. Atau jikalau Anda berlibur ke pantai Anda mampu mengajak mereka melihat para penjaga pantai bekerja, atau melihat mercusuar.

2. Hitung berapa biayanya.

Besar kecilnya biaya liburan juga dipengaruhi dari berapa jumlah orang yang biaya liburannya anda tanggung. Misalnya anda liburan bersama bawah umur dan suami maka anda harus mempersiapkan daan liburan yang cukup untuk sekeluarga. Jika anda masih single maka anda cukup memersiapkan kebutuhan liburan anda sendiri, bahkan jikalau patungan dengan sahabat kemungkinan anda mampu melaksanakan penghematan. Untuk menghitung berapa besarnya dana liburan yang dibutuhkan, maka berikut ini ialah pos–pos pengeluaran liburan yang sebaiknya dianggarkan :

• Transportasi. Perkirakan berapa biaya yang harus Anda cadangkan untuk transportasi pulang balik. Besar kecilnya biaya tergantung dari alat transportasi apa yang dipilih.

• Penginapan. Carilah gosip mengenai biaya menginap di temapt yang Anda inginkan sehingga Anda mampu memperkirakan biaya penginapan.

• Makanan. Anda mungkin tidak akan masak sendiri selama di tempat liburan, alasannya itu untuk biaya makan harus dicadangkan sebanyak biaya makan satu hari di kali jumlah hari yang dihabiskan selama liburan. Jika tempat liburan Anda jauhnya kuarang lebih satu atau ½ hari perjalanan maka perlu ditambahkan juga biaya makan dalam perjalanan.

• Rekreasi. Di tempat liburan akan ada beberapa tempat rekreasi yang mampu dikunjungi. Tetapkanlah dahulu berapa anggaran untuk rekreasi ini gres kemudian sesuaikan dengan tujuan atau tempat rekreasinya. Jika biaya rekreasi ke tempat tersebut diluar budget rekreasi Anda, maka sebaiknya carilah alternatif tempat lain yang terjangkau dengan budget Anda atau kurangi jumlah tempat rekreasi yang akan dikunjungi.

• Belanja. Biasanya kita ingin membawa souvenir, barang kerajinan atau kue-kue khas dari tempat liburan tersebut untuk diberikan ke sahabat atau tetangga kita. Anak-anak juga mungkin ingin membawa buah tangan untuk temannya. Perkirakanlah secukupnya berapa anggaran untuk buah tangan ini dan berbelanjalah sesuai anggaran.

• Biaya tak terduga. Untuk mencegah kurangnya dana alasannya harus membayar pengeluaran yang tidak ada dalam anggaran maka cadangkanlah juga dana untuk biaya tak terduga yang besarnya sekitar 10% dari anggaran liburan anda

3. Persiapkan dananya.

Anda mampu persiapkan dana liburan ini dengan cara melaksanakan setoran rutin tabungan dari gaji anda. Anda juga mampu memanfaatkan kelebihan dana ekstra juga menyerupai dari bonus final tahun atau derma hari raya atau THR untuk menambah jumlah dana liburan. Jika Anda mempunyai tabungan, tetapi tujuan tabungan tersebut bukan untuk liburan maka sebaiknya Anda tidak mengambilnya untuk dana liburan, kecuali kalau tabungan tersebut belum akan digunakan untuk tujuan apapun.



Merencanakan Anggaran Liburan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim