Sabtu, 22 Juli 2017

Sale = Hemat Atau Boros

"Sale = Hemat Atau Boros"

Sale = Hemat Atau Boros
Big sale, branded sale, basuh gudang, diskon tamat tahun, special offer. Wah...saat ini tiap kali kita jalan-jalan ke sentra perbelanjaan manapun tidak pernah sepi dari spanduk-spanduk besar berisi rayuan belanja murah. Masalahnya apakah belanja murah sama dengan belanja hemat? Jawabannya belum tentu! Yang harus disadari yakni bahwa setiap acara belanja baik ketika diskon maupun tidak diskon sama-sama mengeluarkan uang dari dompet Anda. Berapa bekerjsama jumlah belanjaan yang dianggap hemat dan berapa jumlah belanjaan yang dianggap boros, tentunya tergantung dari budget Anda. Nah apakah Anda sudah menetapkan budget tersebut? Jika belum, bagaimana Anda tahu berapa banyak uang yang dihemat atau berapa banyak uang yang diboroskan. Patokannya, jikalau untuk membeli suatu barang yang kurang lebih sama namun jumlah uang yang digunakan untuk membelinya kurang dari anggaran atau Anda mampu membeli lebih banyak barang dengan budget yang sama, maka Anda sudah melaksanakan penghematan. Sedangkan pemborosan terjadi jikalau anda mengeluarkan uang lebih dari anggarannya atau mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak ada dalam anggaran. Jadi, tidak peduli apakah Anda belanja ketika sale atau tidak, jikalau jumlah belanjaan Anda membuat Anda overbudget maka sale bukan lagi penghematan tetapi pemborosan.

Uang Anda Diperebutkan

Sale tidak saja diadakan sekali setahun tetapi mampu beberapa kali. Musim diskon bahkan dilaksanakan serentak hampir diseluruh sentra perbelanjaan. Seringkali kita jadi galau mau berbelanja dimana saar ekspresi dominan diskon tiba, alasannya yakni hampir semua kawasan menyampaikan penawarn yang menggiurkan. Mengapa, department store, toko serba ada, semuanya berlomba-lomba mengadakan pesta diskon bahkan pada ketika yang bersamaan sekalipun? Apa mereka tidak rugi menjual barang di bawah harga?

Mereka melaksanakan hal itu tentunya bukan semata-semata demi kepentingan kita, para pembeli. Logikanya, tidak ada seorangpun yang ingin rugi dalam berbisnis. Justru dengan adanya sale ini mereka akan mendapat hasil penjualan yang lebih besar lagi. Karena dengan adanya sale orang akan semakin bersemangat untuk berbelanja bahkan mampu lupa diri. Adanya sale mau tidak mau harus diakui memang menyampaikan keuntungan bagi kita. Kita jadi mempunyai kesempatan untuk membeli barang-barang dengan harga yang lebih murah. Namun sadarilah bahwa bekerjsama uang Anda banyak diperebutkan oleh para penjual disekeliling Anda yang siap melancarkan rayuan mautnya. Karena itu pegang erat-erat dompet Anda, keluarkanlah isinya sesuai dengan budget yang sudah dibuat.

Waspadai Trik-Trik Penawaran Diskon

Benarkah barang yang dijual ketika diskon selalu lebih murah dari harganya semula? Betul sekali, tetapi tidak semurah yang dibayangkan orang-oarng pada umumnya. Malah bekerjsama jikalau dihitung dengan teliti maka harga yang diberikan ketika diskon tidak berbeda dari harga semula. Nah satu hal yang perlu Anda ketahui mengenai hukum diskon ini, bahwa “ Semakin sedikit minat orang terhadap barang-barang tertentu, maka semakin turun nilai barangnya sehingga semakin besar pula diskonnya “.  Nilai barang yang dimaksud biasanya meliputi kualitas, kondisi barang, dan model barang tersebut apakah masih up to date atau tidak. Kelihatannya saja penjual menyampaikan diskon besar-besaran bahkan hingga 70% untuk barang tertentu. Padahal mungkin saja diskon tersebut diberikan untuk menghabiskan persediana barang-barng yang kurang diminati orang-orng lagi.

Trik diskon lain yang perlu diwaspadai yakni pencantuman harga pada label harga. Jika kita perhatikan seolah-olah ada harga lama yang dicoret kemudian dicantumkan lagi harg gres yang lebih bahkan jauh lebih murah. Kemungkinan harga lamanya sudah dimark up terlebih dahulu sehingga ketika pencantuman harga gres selisih harganya cukup mencolok. Jatuh-jatuhnya sama saja bukan?

Tips Belanja Cerdik Saat Sale

Bagaimana mensiasati banjir diskon ini, biar kita mampu lebih bijak dalam berbelanja. Beberapa tips belanja ketika sale dibawah ini mampu menjadi semacam rambu-rambu untuk Anda, yaitu sebagai berikut :

1. Rencanakan terlebih dahulu barang-barang apa saja yang ingin dibeli. lebih baik lagi jikalau Anda membuat suatu catatan tertulis, alasannya yakni mampu memudahkan Anda untuk mengingatnya. Kemudian cantumkan juga berapa anggaran yang bersedia Anda keluarkan untuk masing-maisng barang.

2. Pilihlah kawasan dimana akan berbelanja. Denga menetapkan tujuan temapat belanjanya, mampu lebih menghemat waktu Anda. Namun perlu dipertimbangakan juga untuk mengunjungi beberapa tempat, untuk berjaga-jaga saja jikalau barang yang Ada inginkan tidak ada di kawasan tersebut atau tidak cocok harganya. Dengan mempunyai beberapa aternatif kawasan belanja juga menyampaikan Anda kesempatan untuk mendapatkan harga yang terbaik, alasannya yakni walaupun semua sentra perbekanjaan sedang menunjukkan diskon, tetapi mampu saja barang yang sama mampu dijual dengan harga yang berbeda.

3. Jika punya cukup waktu, Anda mampu melaksanakan survey harga dahulu antara toko yang satu dengan yang lain. Setelah membandingkan satu sama lain, berikutnya menyesuaikan dengan budget Anda. Jika ternyata keseluruhan jumlah harga barang yang ingin dibeli melebihi budget Anda, kurangilah cita-cita Anda atau cari toko lain yang mampu menjual barang yang kurang lebih sama dengan harga yang lebih murah.

4. Jika Anda termasuk orang yang sulit mengendalikan nafsu belanja, maka meninggalkan kartu kredit di rumah ketika berburu diskon merupakan tindakan yang cukup bijak. Sebagai gantinya Anda bsia membawa uang tunai secukupnya atau membayar dengan kartu debet. Paling tidak Anda terpaksa berbelanja sebatas tersedianya dana tunai saja.

5. Jika Anda termasuk orang yang sulit mengendalikan nafsu belanja, maka meninggalkan kartu kredit di rumah ketika berburu diskon merupakan tindakan yang cukup bijak. Sebagai gantinya Anda mampu membawa uang tunai secukupnya atau membayar dengan kartu debet. Paling tidak Anda terpaksa berbelanja sebatas tersedianya dana tunai saja dan tidak terpengaruhi untuk menggunakan limit kartu kredit yang tersedia.

Berbelanja memang menyampaikan kepuasan dan kenikmatan tersendiri terutama bagi wanita. Apalagi jikalau diiming-imingi rayuan diskon dan ditambah ketika itu kebetulan gres gajian atau mendapatkan THR dan bonus yang membuat kita adakala sedikit kehilangan kendali pada budget kita. Namun, tidak ada salahnya sekali-sekali memanjakan diri dengan berbelanja, toh kita sudah bekerja keras selama setahun penuh. Selama Anda mematuhi anggaran yang telah Anda buat sendiri, maka yakinlah bahwa ekspresi dominan diskon kali ini dapat Anda nikmati dengan sukses.

Selamat berbelanja!



Sale = Hemat Atau Boros Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim