Senin, 10 Juli 2017

Pemulihan Pasca Libur Hari Raya

"Pemulihan pasca libur hari raya"

Pemulihan pasca libur hari raya
Libur panjang menyerupai libur lebaran yang terjadi beberapa waktu lalu memang terasa menyenangkan. Kita mampu sejenak menepi dari rutinitas pekerjaan untuk beberapa lama dan bersilahturahmi dengan sanak saudara. Namun disisi lain, hari-hari yang menyenangkan selama liburan juga harus kita bayar dengan pengeluaran yang lebih besar daripada bulan-bulan sebelumnya. Uang untuk angpau, biaya mudik, masakan-masakan wajib dikala lebaran, THR untuk ajun rumah tangga dan masih banyak lagi. Apalagi momentum liburan kemarin juga telah diawali dengan naiknya harga materi bakar minyak yang memicu kenaikan harga barang, belum lagi harga barang yang pasti juga akan naik dikala lebaran membuat belanja lebaran kita semakin tinggi. Akibatnya walaupun mungkin sudah dianggarkan, dikala liburan usai kita justru pusing memikirkan keuangan rumah tangga yang tetap saja bobol.

Hal pertama yang musti kita lakukan pasca liburan ialah mereview hutang-hutang yang kita keluarkan untuk memenuhi kebutuhan hari raya. Merasa tidak berhutang? Nah itu yang dibeli dan dibayar pakai kartu kredit apa coba namanya jikalau bukan hutang? Hehehe... Segera alokasikan dana untuk melunasi utang kartu kredit kita, semakin cepat mampu dilunasi akan semakin baik mengingat bunga kartu kredit yang cukup tinggi.

Selain melunasi hutang yang terjadi selama liburan, hal lain yang harus kita lakukan ialah jangan membuat hutang gres lagi, apalagi untuk pembelian barang konsumtif. “Lah kan bila ditambah dengan cicilan hutang sebelumnya saja jumlah hutang saya masih jauh dari angka 30% yang merupakan angka maksimal saya boleh berhutang, jadi kenapa tidak boleh menambah lagi?”. Masalahnya ialah seringkali dikala libur hari raya, pengeluaran kita menjadi tidak terkendali sehingga tidak jarang memaksa kita membobol celengan dana darurat juga. Makara alih-alih membeli gadget terbaru semoga gengsi tetap terjaga ataupun membeli TV LED untuk sekedar memuaskan mata, lebih baik alokasikan dana lebih banyak untuk memulihkan tabungan dana darurat anda menyerupai semula. Bila hutang sudah terlunasi serta dana darurat serta tabungan sudah normal lagi, barulah kita mampu membeli barang lainnya. Bagi anda yang muslim, jangan lupa setelah momentum lebaran ini kita juga ada momentum Idul Qurban. Makara bila tetap ingin mampu berkurban, maka lebih baik kita sisihkan dari sekarang dananya dan menunda lagi pembelanjaan barang konsumtif.

Dan semoga tidak selalu gelagapan ataupun terkaget-kaget dikala menghadapi pengeluaran yang besar di hari raya, ada baiknya kita merencanakan pengeluaran tersebut dari jauh-jauh hari. Toh kejadian tersebut merupakan momen tahunan dan pasti akan datang, jadi kita sudah mampu memprediksi apa saja yang menjadi sumber pengeluaran. Makara tidak ada salahnya bila kita mencicil dari sekarang biaya kebutuhan hari raya tahun berikutnya, alasannya akan meringankan kita juga.

Salam,


Pemulihan Pasca Libur Hari Raya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim